Tinta Ungu

Majalah Online Psikologi UIN Bandung

Dari (Menjadi) Kartini Hingga Mengabdikan Diri

Berawal dari Senin, 21 April 2013.
Hari itu merupakan hari kartini, sekaligus opening acara Psychology House Performance (PHP). Momen yang sulit dilupakan oleh seluruh masyarakat fakultas UIN Bandung, tak hanya mahasiswa yang merasakan euphoria kartini’s day, namun jajaran dosen dan pengurus fakultas psikologi UIN Bandung pun ikut menikmatinya. Para mahasiswi terlihat anggun dalam balutan kebaya, dan mahasiswanya terlihat lebih berkarisma dalam balutan batik dan kemaja yang disertai kopiah hitam .

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tak hanya momen berkebaya dan berbatik-kopiah, hari itupun menjadi momen spirtualitas bagi seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Bandung. Dalam helai kain putih, seluruh mahasiswa menggoreskan tanda tangannya sebagai simbol “Amin” untuk sebuah do’a kecil mereka, “Semoga Bangunan Fakultas Psikologi UIN Bandung cepat selesai”. Petisi ini adalah ungkapan dari harapan mereka atas hak eksistensi mahasiswa Psikologi di UIN Bandung, namun dikemas dengan cara yang elegan dan sopan (Nyikolog). Jika yang lain dengan aksi demonstrasi, maka kami dengan cara mendo’akannya. Bukankah do’a adalah ibadah ?! “Do’a merupakan salah satu bentuk ibadah yang paling mulia di sisi Allah. Do’a adalah inti sarinya ibadah. (HR. Tirmidzi)” “Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: [1] Allah akan segera mengabulkan do’anya, [2] Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan [3] Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.” (H.R Tirmidzi)”

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jar Of Hopeness, toples harapan. Merupakan bagian dari momen ini. Setelah aksi kebaya dan batik-kopiah, serta petisi ( Seribu tanda tangan untuk satu Do’a). Maka, tibalah bagi para mahasiswa untuk berbagi rezeki dengan orang lain. Toples harapan ini adalah media yang memudahkan para mahasiswa untuk bershadaqah ria. Bukankah shadaqah adalah jalan untuk mempermudah diijabahnya do’a ?, shadaqah disini berupa uang yang dikumpulkan dari seluruh kalangan mahasiswa, dosen, dan pengurus Fak.Psikologi UIN Bandung. Uang shadaqah ini kemudian bertransformasi menjadi seratus bungkus nasi, yang kemudian dibagikan untuk tunawisma yang berada di daerah Bandung. Seperti yang disebutkan dalam hadits “Berilah makan yang lapar, kunjungi yang sakit dan bebaskanlah budak” (HR. Bukhori)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Semoga, semangat para mahasiswa Psikologi UIN Bandung tidak pernah habis sehingga dapat selalu berpartisipasi dan berkontribusi dalam setiap even yang diadakan oleh mahasiswa Psikologi UIN Bandung, juga terimakasih untuk seluruh kalangan yang ikut memeriahkan dalam setiap even yang disajikan. (IA //@php_2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 12, 2013 by in acara, Agenda, Psikologi and tagged , , , , .

Follow me on Twitter

Tinta Ungu Page

Statistik Blog

  • 60,209 hits

Twitter

%d bloggers like this: