Tinta Ungu

Majalah Online Psikologi UIN Bandung

GEMA BARU II LEMBAGA DAKWAH MAHASISWA (LDM) UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG “Aktualisasi Diri dengan Tsaqofah Islamiyah Menuju Generasi Rabbani”

IMG_6464

Bandung (10/03). Tintaungunews. LDM sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) terbesar di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) kembali menyelenggarakan rekrutmen anggota baru periode ke-dua, biasa disebut sebagai Gema Baru (GB) atau gerbang masuk anggota baru.

GB kali ini dillaksanakan pada hari sabtu dan minggu (10-11/03), bertempat di pesantren Ansharullah Cileunyi Bandung dengan jumlah peserta sekitar 60 orang terdiri atas 25 peserta ikhwan dan 35 peserta akhwat, termasuk peserta undangan yang berasal dari UPI. Acara ini diselenggarakan setahun dua kali atau satu kali setiap semester, GB merupakan acara untuk masuk menjadi anggota LDM. GB II kali ini mengusung tema besar yaitu “Aktualisasi Diri dengan Tsaqofah Islamiyah Menuju Generasi Rabbani”, menurut ketua panitia acara ini, Riki Wirahmawan, dalam sambutannya, tema di atas merupakan sebuah cita-cita besar dimana setiap anggota baru LDM dapat mengaktualisasikan dirinya sebagai seorang muslim dengan menjadikan islam sebagai pedoman hidup (way of life), sehingga menjadi generasi rabbani yaitu generasi yang baik, penuh dengan keridhaan dan kasih sayang Allah serta hidupnya selalu dihiasi dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Rangkaian acara yang dimulai sejak sabtu pagi diisi dengan berbagai materi seputar dakwah yang disampaikan oleh para pembicara yang telah lama berkecimpung dalam dunia dakwah, seperti Bang Amey, seorang motivator dakwah plus alumni LDM juga. Kemudian para peserta juga diajarkan untuk terbiasa untuk mengamalkan Islam secara kaffah seperti melaksanakan qiyamul lail, tahfidz Al-Quran dan ibadah-ibadah lainnya. Para peserta, selain dibekali dengan pengetahuan seputar dunia dakwah juga dilatih fisik dan mentalnya dalam sesi out bond. Pada sesi out bond yang dilaksanakan pada hari ke-dua para peserta dibentuk kedalam beberapa kelompok, yang mana setiap kelompok diwajibakan menggunakan nama tokoh-tokoh islam sebagai nama kelompoknya seperti Muhammad Al-Fatih dan Umar bin Khatab. Dengan rangkaian acara seperti itu, maka para peserta benar-benar digembleng jasmaniyah dan ruhaniyahnya sehingga untuk menjadi aktivis dakwah sejati bukanlah sesuatu yang mustahil.

“Kegiatannya sangat menarik, terutama pas out bond-nya, itu bener-bener memupuk kerjasama antar anggota karena dalam dakwah tidak bisa sendiri, harus kerjasama sama yang lainnya”.  Tutur Wafiq Ali Kasyfi (18), salahseorang peserta GB II. Kemudian Wafiq juga menuturkan tentang motivasinya gabung ke LDM, “Saya ingin belajar tentang dakwah, belajar berorganisasi dan melahirkan ide-ide baru seputar dakwah.” Hampir seluruh peserta memiliki motivasi yang sama untuk bergabung dengan LDM layaknya Wafiq. Seperti menjawab pernyataan dari peserta ketua umum LDM, Jatna Supriatna (20), mengatakan bahwa GB ini adalah langkah awal menuju dunia dakwah yang sebenarnya. Kemudian setelah masuk di LDM para anggota akan dibina dan dididik untuk menjadi seorang muslim yang menjiwai islam.

Untuk lebih mempererat persudaraan, acara di akhiri dengan ramah tamah, foto bersama dan makan bersama. (lnz.crot)

One comment on “GEMA BARU II LEMBAGA DAKWAH MAHASISWA (LDM) UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG “Aktualisasi Diri dengan Tsaqofah Islamiyah Menuju Generasi Rabbani”

  1. saeful
    March 31, 2013

    kenapa acara taktik dan strategi perang meLawan kafir tidak di sebutkan ?..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 18, 2013 by in Uncategorized.

Follow me on Twitter

Tinta Ungu Page

Statistik Blog

  • 60,209 hits

Twitter

%d bloggers like this: