Tinta Ungu

Majalah Online Psikologi UIN Bandung

WORKSHOP JURNALISTIK DAN KEWIRAUSAHAAN “Delegasi SMF Psikologi Jadi Juara 1 & 2”

Gambar

Garut (13/03).Tintaungunews. Dengan adanya workshop jurnalistik dan kewiraushaan ini, mudah-mudahan dapat menciptakan para jurnalis yang bisa memberitakan dengan jujur permasalahan yang ada dan menciptakan para wirausahawan muda yang sukses. Ungkap rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dedy Ismatullah, M.Hum., pada acara pembukaan workshop jurnalistik dan kewirausahaan yang bertempat di Banyu Alam Resort Garut Jabar.

Workshop yang diselenggarakan dibawah tanggung jawab Pembatu Rektor III UIN Bandung ini berlangsung dari tanggal 11-13 Maret, diikuti oleh sekitar 90 orang peserta yang merupakan perwakilan dari setiap SMF dan Hima Jurusan di UIN Bandung, setiap SMF dan Hima Jurusan mengirimkan dua orang perwakilannya. Dari SMF Psikologi sendiri mengirimkan dua orang perwakilannya yaitu Lubi Nurzaman, kelas IV B, dan Ismi Meilasari, kelas IV B. Hampir selama tiga hari para peserta diberikan pengetahuan dan praktik jurnalistik dan kewirausahaan, para pengisi pelatihan ini berasal dari dosen UIN sendiri dan para professional dari luar UIN seperti wartawan dan pengusaha. Materi yang disajikan semuanya sangat menarik karena materi yang disajikan mulai dari materi-materi dasar sampai materi tingkat ahli. Selain itu, para peserta juga langsung praktik tentang kejurnalistikan dan kewirausahaan seperti praktik pembuatan Koran dan praktik penulisan artikel, sehingga selain mendapatkan pengetahuan para peserta juga mendapatkan keterampilan.

Pemandangan alam yang eksotis dan fasilitas lengkap yang tersedia di Banyu Alam Resort menambah semangat para peserta mengikuti workshop. Seperti yang dituturkan oleh Ginanjar, salah seorang peserta workshop jurnalistik, “enak banget tempat dan fasilitasnya bikin betah dan nyaman mengikuti pelatihan ini”. Melihat jadwal pelatihan yang sangat padat maka dengan kondisi tempat seperti ini para peserta dapat meminimalisir rasa lelah dan jenuh selama mengikuti pelatihan.

Di akhir pelatihan peserta pelatihan jurnalistik yang dibentuk dalam tujuh kelompok diberi tugas untuk membuat media cetak, ada yang membuat  tabloid ada juga yang membuat Koran. Waktu yang diberikan panitia untuk menyelesaikan tugas pembuatan media cetak ini sekitar 18 jam, setiap kelompok bekerja keras untuk menjadi yang terbaik. Setelah itu, setiap kelompok diharuskan untuk mempresentasikan media cetak yang dibuatnya dihadapan dewan juri. Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri akhirnya yang keluar sebagai juara satu adalah kelompok Sinar Harapan, juara dua kelompok Teen Generation Media, dan juara ketiga kelompok Sudara. Masing-masing juara berhak mendapatkan hadiah dari panitia. Sangat membanggakan bagi SMF Psikologi karena dua orang perwakilannya merupakan anggota dari kelompok yang menjadi juara, Ismi Meilasari dari kelompok Sinar Harapan dan Lubi Nurzaman dari kelompok Teen Generation Media (lnz.crot)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 16, 2013 by in Uncategorized.

Follow me on Twitter

Tinta Ungu Page

Statistik Blog

  • 60,209 hits

Twitter

%d bloggers like this: