Tinta Ungu

Majalah Online Psikologi UIN Bandung

PSIKOSIS 2013, LET’S JOIN!

Oleh: Oleh*

Gambar

 

Psikosis..

Apaan sih?

Banyak mahasiswa psikologi yang notabene udah pernah ikut psikosis belum tau apa kepanjangan dari Psikosis, apalagi mahasiswa baru yang “unyu-unyu”. Cari di mbah GUUGEL juga yang ketemu gak bakalan nyambung sama maksud hati. Ada yang jawab “itu penyakit psikologis”, emang bener sih kalau di artiiin seperti itu, tapi kalau ngartiiinnya seperti itu pasti serem juga, masa ikut acara penyakit psikologis sih.

Psikosis juga bisa disebut sebagai kegiatan OSPEK bagi maba psikologi. Bentar, temen-temen denger kata ospek pasti yang pertama muncul dalam pikiran adalah kegiatan perpeloncoan senior pada junior yang sarat dengan kekerasan, penyiksaan dan hal-hal lain yang melanggar HAM. Tapi, jangan berfikir senegatif itu dulu. Simak dulu pemaparan selanjutnya, dijamin temen-temen bakalan merubahan pikiran negatif tentang itu.

Ok! sis-bro, biar pengetahuan tentang tradisi wajib ini bertambah, ane bakalan sedikit sharing tentangnya.

Setelah tanya sana-tanya sini bahkan nyampe semedi berhari-hari (semedi asli bohongnya) akhirnya gue bisa me-recall pengertian psikosis yaitu PSIKOSIS (Pengenalan Studi Kampus dan Orientasi Kemahasiswaan). Udah taukan?. Wajib taulah!.

Biar lebih ngerti mari kita artiin per-suku kata:

  1. Pengenalan Studi Kampus

Tujuan yang pertama dan paling utama adalah pengenalan studi kampus yaitu mengenalkan tentang aktivitas studi di fakultas psikologi beserta aspek-aspek pendukungnya. Mulai dari pengenalan birokrasi di fakultas psikologi sampai dengan aktivitas yang langsung berhubungan dengan mahasiswa psikologi seperti tentang strategi kuliah di psikologi dll. Untuk bagian ini biasanya di isi sama pemateri dari pihak fakultas mulai dari dekan sampai para dosen ditambah dari panitia sebagai bumbunya. Walaupun keliatannya bakalan membosankan menyimak parade materi dari para pemateri tapi jangan salah sangka dulu kesuksesan pasti sepadan dengan pengorbanan yang dilakukan.

  1.  Orientasi Kemahasiswaan

Tujuan utama dan yang paling utama lagi neh. Biar lebih ngeh apa itu orientasi mari kita sedikit minta bantuan ke KBBI, menurut KBBI orientasi adalah “melihat-lihat atau meninjau (supaya lebih kenal atau lebih tahu);  mempunyai kecenderungan pandangan atau menitikberatkan pandangan; berkiblat.”

So, orientasi bisa di artikan sebagai pengenalan dan pengarahan pada suatu pandangan yang menjadi panduan perilaku lalu ditambah dengan kata kemahasiswaan artinya juga jadi bertambah yaitu pengenalan dan pengarahaan untuk mencapai suatu tujuan yang berhubungan dengan kemahasiswaan seperti tentang fungsi dan peran mahasiswa dsb.

Untuk bagian ini pematerinya lebih beragam ada yang berasal dari panitia dan juga non-panitia.

“Bersatu kita teguh!”. Biar tidak ada diskriminasi gara-gara dimaknai per-suku kata. Intinya silahkan pikirkan sendiri…

Setelah membahas sedikit tentang psikosis per-suku kata kita beranjak tentang kegiatan yang ada di psikosis lainnya.

Dalam psikosis para peserta akan dikenalkan dengan yang namanya KABEMAPSI yaitu Keluarga Besar Mahasiswa Psikologi, isinya seputar kekeluargaan yang ada di mahasiswa psikologi, karena kita satu fakultas dan satu jurusan. Yang namanya keluarga beda sama ikatan, asosiasi dll. Keluarga itu lebih dekat, lebih care dan lebih-lebih pokoknyamah. Kemudian psikosis juga membuat kita Bisa saling mengenal sesama mahasiswa psikologi satu angkatan maupun beda angkatan bahkan bisa kenal dengan pihak fakultas.

Satu lagi yang paling rame dari psikosis adalah kegiatan-kegiatan positif yang disusun panitia sehingga para peserta benar-benar merasakan bahwa psikosis itu “it’s real amazing!”. Di psikosis bakalan banyak kegiatan yang menumbuhkan jiwa kerjasama, kepedulian, kerja keras, konsisten, pantang menyerah, manajemen waktu dan pastinya menambah pengetahuan dan pengalaman baru. Pokonya nyesel berkali-kali kalw gak ikut deh….

Terakhir, kita simak beberapa testimoni tentang psikosis (ini asli lho dari orang-orang yang pernah ngalamin psikosis.):

L.Santi Rosmiyanti (kelas 3B, Psikosis 2011);

“Psikosis menurut aku banyak pelajaran yg bisa d ambil. mulai dari kedisiplinan, trus bisa lebih kenal sama temen seangkatan, bisa tau kakak tingkat dan yg aku rasain bisa tau banyak ttg kepsikologian ya khususnya psikologi d uin  karena banyak sharing-sharingnya” walaupun tegangnya kerasa, takutnya juga iya da kakak ranger pada galak. Seneng udah pasti. Cape apalagi tp ga sebanding sama capenya praktikum sih yg pasti nano-nano deh rame rasanya.”

Ghemi Astuti (kelas 3B, psikosis 2011);

“Psikosis yg udah lewat seru banget!!!, kita bisa kenal tmn2 antar kelas, tau kk tingkat, ya dari psikosis ini, walaupun sebagian dari mereka harus memakai topeng untuk menyempurnakan perannya. berkesan itu pas malam terakhir psikosis, berasa lagi nyari bola api di koridor hogwarts school magic si harry potter, tempatnya indah !”

Annisa Nur Syamsi (kelas 5A, psikosis 2010);

“Psikosis itu awalnya keterpaksaan lalu jadi kebiasaan dan akhirnya jadi kebutuhan…”

“Banyak pengalaman manis, suka, dan duka di psikosis.”

“Salam Kabemapsi!”

Jadi, setelah baca tulisan ini pasti pikiran serem temen-temen tentang psikosis bakalan ilang.

“Sekali lagi saya sampaikan bahwa psikosis tidak akan membuat anda bodoh apalagi gila malahan bisa membuat anda menjadi mahasiswa psikologi yang benar-benar nyikologi dan bilang WOW!! brkali-kali sambil makan bakso mang Udin (emang bisa gitu???).”

Ayo temen-temen mahasiswa baru segera daftar PSIKOSIS!!!. Jangan sampai ntar nyesel dunia akhirat coz gak ikut Psikosis 2013.

“Kesuksesan tanpa pengorbanan it’s impossible!”

“SALAM PSIKOSIS 2013 SALAM KABEMAPSI!!!”

Mohon maaf apabila terdapat banyak kesalahan dalam tulisan sederhana ini. Masukan dari pamiarsa sekalian lebih berharga dari pada kritik pedas level 100.

*Cita-cita saya jadi orang Soleh (putra_lnz@yahoo.co.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 30, 2012 by in Uncategorized.

Follow me on Twitter

Tinta Ungu Page

Statistik Blog

  • 60,209 hits

Twitter

%d bloggers like this: