Tinta Ungu

Majalah Online Psikologi UIN Bandung

Kajian Ilmian Psikologi (I)

Bidang 1 SMF Psikologi pada hari Sabtu, 24 November 2012 mengadakan kajian Psikologi Ilmiah yang pertama. Kegiatan yang dilaksanakan di masjid Iqomah UIN Bandung ini dihadiri oleh sekitar 150-an mahasiswa Psikologi dari berbagai angkatan. Kajian ilmiah ini bebas diikuti oleh mahasiswa umum, tetapi diwajibkan hadir kepada mahasiswa Psikologi semester I.
Materi pertama pada kajian ilmiah ini disampaikan oleh Pak Irfan Fahmi, materi yang disampaikan oleh pak Irfan yaitu “Meniti Karir di Psikologi. Pada pembahasan materi ini Pak Irfan menyampaikan poin-poin penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa Psikologi sebagai calon Psikolog masa depan. “Mahasiswa Psikologi harus pandai mengatur waktu” Ujar Pak Irfan disela materi yang sedang disampaikan.
Pada sesi pertanyaan Aflah mahasiswi perwakilan dari semester I-A bertanya “Apa yang harus Psikolog lakukan ketika mempunyai masalah?.
“Seorang Psikolog harus pandai menyelesaikan masalah sendiri, Psikolog pun manusia maka wajar jika Psikolog mempunyai masalah. Maka dari itu, Psikolog harus bisa Self-healing artinya bisa mengobati dirinya sendiri, sebelum mengobati diri orang lain” Ujar Pak Irfan menjawab pertanyaan dari Aflah.
Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Ismoro Reza Prima Putra Mahasiswa semester 5 psikologi UIN Bandung. Materi kedua ini bertema Self-Presentation. Pada materi yang disampaikan Kang Ismoro memberi titik tekan menampilkan diri sendiri apa adanya itu lebih baik.
“Gaya komunikasi non-verbal apakah bisa digunakan untuk Self-presentation?” Tanya Mila perwakilan I-C pada sesi pertanyaan.
“Manusia itu tidak bisa berbohong, maka gaya bahasa seperti apapun baik bahasa verbal maupun non verbal bisa menjadi self-presentation” Ujar kang Ismoro.
“materinya menarik, pemateri yang di datangkan pun bagus. hanya saja tempatnya kurang kondusif. Mungkin lebih baik di Aula agar lebih kondusif. Harapan untuk kajian selanjutnya materinya diharapkan dibawakan dengan lebih baik agar peserta lebih antusias” Ujar Faujiah dari kelas I-B mengomentari kajian ilmiah ini.
Kajian ilmiah ini ditutup dengan Do’an kifaratul majlis yang dipimpin oleh Kirani Anjasmara. (Ismimei/tintaungu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 24, 2012 by in News, Psychology and tagged , .

Follow me on Twitter

Tinta Ungu Page

Statistik Blog

  • 60,209 hits

Twitter

%d bloggers like this: