Tinta Ungu

Majalah Online Psikologi UIN Bandung

Study Tour “Petualangan Edukasional dan Rekreasional”

Dengan bangga SMF Pikologi mempersembahkan sebuah acara Study Tour dengan tema

“An Unforgettable Journey to Enlightment with SMF Psikologi”

yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Februari 2011

Merupakan serangkaian petualangan yang selain rekreasional juga edukasional, berikut tempat-tempat yang akan dikunjungi dalam acara study tour ini :

1. SLBN Handayani Sukabumi

Sebuah Sekolah Luar Biasa yang anak-anak didiknya memiliki bakat yang luar biasa, walaupun mereka memiliki keterbatasan akan tetapi mereka mampu menunjukkan bahwa mereka pun sama seperti kita yakni memiliki potensi yang bisa dikembangkan dan ditunjukkan kepada dunia sebagai sebuah prestasi yang luar biasa.

Kita akan bertemu dengan anak-anak istimewa yang akan menampilkan Debus, tari-tarian tradisional, selain itu pembuatan makanan Enye yang bersertifikat Halal yang dilakukan oleh anak-anak didik tersebut, serta akan diadakannya dialog interaktif dengan tema “Explore Child with Special Need Potential”.

Datang ke tempat ini akan sangat mengispirasi kita bahwa apa yang kita lihat sebagai sesuatu kekurangan bukanlah hal yang seharusnya kita keluhkan, akan tetapi kita harus mencari kelebihan kita untuk menunjukkan pada dunia bahwa kekurangan bukanlah penghalang untuk meraih prestasi. Sehingga bagi orang-orang yang masih mengeluhkan kekurangannya harus melihat pada anak-anak SLBN Handayani bahwa mereka dengan keterbatasannya mampu mengukir sejarah dengan prestasi-prestasinya, maka adalah kita harus mampu lebih dan lebih lagi mengoptimalkan potensi yang kita miliki.

Menengok lebih dekat tentang mereka disini.

 

2. Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phala Martha

PSBL Phala Martha merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI. Disana kita akan melihat bagaimana penyandang cacat mental diberikan pelayanan, rehabilitasi sosial, pelatihan keterampilan, resosialisasi serta bimbingan lanjut kepada penyandang cacat mental bekas psikotik agar mampu mandiri dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat selain itu pengkajian dan penyiapan standar pelayanan serta pemberian informasi dan rujukan.

Bagi teman-teman yang berkecimpung di psikologi, tempat ini layak untuk dikunjungi sebagai salah satu sarana untuk menambah ilmu pengetahuan tentang aplikasi ilmu yang telah kita dapat di perkuliahan. Disini akan diadakan pula dialog interaktif tentang “Program Pelayanan Rehabilitasi Sosial Penyandang Cacat Mental”

Informasi lebih lanjut lihat disini.

 

3.  Psikoterapi Islam di Kediaman Buya Royan

Ada yang mengatakan bahwa ‘orang yang religius memiliki kepribadian yang lebih kuat dan terhindar dari penyakit jiwa’, mendekatkan diri kepada Tuhan adalah terapi yang paling ampuh untuk menangani gangguan kejiwaan. Hal ini juga dikemukakan oleh William James (dalam Dale Carnegie) yang berujar “tidak ragu lagi bahwa terapi yang terbaik bagi keresahan adalah keimanan kepada Tuhan. Keimanan kepada Tuhan adalah suatu kekuatan yang tidak boleh tidak harus dipenuhi untuk menopang seseorang dalam hidup ini. Antara kita dengan Tuhan ada hubungan yang tidak terputus. Apabila kita menundukkan diri di bawah pengarahan-Nya, maka semua cita-cita dan harapan kita akan tercapai”.

Berangkat dari kata-kata tersebut di atas, kita sebagai seorang muslim yang berkecimpung di dunia psikologi, terapi menggunakan dasar Islam menjadi salah satu metode yang patut dipelajari sebagai ilmu pengetahuan yang nantinya akan bisa kita aplikasikan. Buya Royan yang akan mengajari kita Psikoterapi Islam dan Musik Sunda yang beliau pakai sebagai Metode Penyembuhan Gangguan Kejiwaan. Selain itu ada Kreasi Seni Sunda yang akan ditampilkan di kediaman Buya Royan tersebut.


4. Pantai Bayah

Akhir dari perjalanan edukasional yang panjang adalah mendarat di Pantai Bayah. Sebuah pantai dengan kondisi alam yang masih bersih, alami, belum banyak terjamah oleh banyak orang. Sebuah pantai dengan pemandangan luar biasa yang akan memanjakan mata kita dengan beragam view yang indah, ombak yang cukup tinggi (jika ingin surfing),wisata gunung dengan gua-gua dan situs sejarah, serta kawasan hutan lindung dengan pohon-pohon besar milik Perum Perhutani. Tafakur alam menikmati dan mensyukuri nikmat-Nya menjadi satu dari sekian hal yang bisa kita lakukan disana.

Insya Allah kita akan berada disana hingga sore hari sehingga kita akan melihat indahnya sunset di Pantai Bayah. Sebuah keindahan alam yang tak ternilai harganya, mata manapun akan tertegun melihat semua keindahan yang dipersembahkan Pantai Bayah untuk para pengunjungnya. Semua rasa lelah selama perjalanan akan ‘terbayar’ dengan keindahan Pantai Bayah yang sempurna.

Sekilas tentang Pantai Bayah bisa dilihat disini.

>>>

Well, tertarik dengan semua yang akan diberikan SMF Psikologi?

Hanya dengan 150rb, sebuah perjalanan yang tak terlupakan akan teman-teman dapatkan !!!

Silahkan daftarkan diri dalam acara Study Tour ini dengan cara..

ketik STP_Nama_Semester_Kelas kirim ke 0856 599 255 19

>>>

 

Berikut beberapa Informasi yang harus temen-temen ketahui :


1. Pendaftaran

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa untuk bisa mengikuti acara Study Tour dengan temaan Unforgettable Journey to Enlightment with SMF Psikologi” ini adalah dengan cara ketik STP_Nama_Semester_Kelas kirim ke 0856 599 255 19. Nanti temen-temen akan mendapatkan SMS balasan yang menyatakan bahwa temen-temen telah terdaftar sebagai salah satu peserta Study Tour.

 

2. Rincian Dana

Temen-temen hanya cukup membayar uang 150rb untuk bisa mengikuti Study Tour ini, dengan Rincian Dana sebagai berikut :

1 Bis (perhari) = Rp. 2000.000 x 2 (karena 2hari) = Rp. 4000.000 : 56 (sheet di bus) = Rp. 75.000,- per orang

Makan = 5 x Rp. 7000 = Rp. 35.000

Penginapan di Buya Royan = Rp. 25.000

Tiket Masuk Pantai Bayah = Rp. 5000

DVD-R = Rp. 5000

Pin = Rp. 3000

Sertifikat = Rp. 2000

 

3. Pembayaran

Pembayaran dilakukan pada tanggal 25 Januari 2010 (saat pengambilan KRS di Al-Jamiah) di Stand Study Tour SMF Psikologi (di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Peserta harus membayar minimal Rp. 50.000 dan sisanya dapat dilunasi dari tanggal 25-31 Januari di Stand Study Tour SMF Psikologi.

 

4. Bakti Sosial

Selain perjalanan edukasional dan rekreasional, kita juga akan mengadakan Bakti Sosial. Sehingga kepada seluruh mahasiswa diharapkan menyumbangkan Alat Tulis dan Alat Mandi untuk disumbangkan ke SLBN Handayani dan PSBL Phala Martha. Dikumpulkan tanggal 25 Januari 2011 di Stand Study Tour SMF Psikologi.

>>>

 

Mari kita menghabiskan waktu bersama dalam rangka edukasi dan rekreasi,, akan menjadi moment berharga yang tak akan terlupa saat kita bersama-sama dalam sebuah perjalanan yang menyenangkan, bukan hanya melepas kepenatan akan tetapi juga memperkaya wawasan.

Ajak semua teman!!! n_nv

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 19, 2011 by in Coming Soon.

Follow me on Twitter

Tinta Ungu Page

Statistik Blog

  • 60,209 hits

Twitter

%d bloggers like this: