Tinta Ungu

Majalah Online Psikologi UIN Bandung

Menyegarkan Hati dan Semangat di Stand Expo Psikologi

Oleh: Iyan Sfh.

Mahasiswa baru, pengenalan dahulu. Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) 2010, adalah kegiatan tahunan yang diadakan untuk menyambut mahasiswa baru supaya mereka mengenal ‘rumah’ barunya. Acara yang dulu bernama Ta’aruf itu, selalu menunjukkan acara yang tidak jauh berbeda dari dari tahun ke tahun, namun dari segi penyajiannya ada perbedaan setiap tahunnya. Tak hanya kampus saja yang mengenalkan diri, tak ketinggalan para “penghuni” kampus memperkenalkan diri kepada ‘anggota keluarga barunya’.

Stand Expo, biasa mahasiswa menyebutnya. Di samping Aula berjejer tenda yang dihiasi bermacam-macam pernak-pernik. Tempat tersebut digunakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Senat Mahasiswa Fakultas (SMF), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai ajang memperkenalkan diri kepada mahasiswa baru. Stand-stand dihias sedemikian rupa supaya menarik mahasiswa baru untuk melihat-lihat dan akhirnya mampu mengenal ‘siapa’ penghuni stand tersebut.

SMF Psikologi tak mau ketinggalan “hajat” tahunan ini. Psikologi melalui program kerja Bidang Pengembangan Aparatur Organisasi (Bidang III) menunjukkan eksistensinya dengan membuka stand expo yang bertemakan refresh your spirit and soul . “Tema sebenarnya tadi refresh your spirit and soul, kemudian ada arahan dari DEMA, temanya harus Green and Clean. Kita mencoba meng-compare dari tema kita dan arahan itu. Lebih ke nuansa natural aja.” Ujar Dani Hamdani (‘09), sebagai Ketua Pelaksana Stand Expo Psikologi. Tema tersebut dipilih karena masih dalam nuansa Kemerdekaan dan Ramadhan. “Kita kan masih nuansa-nuansa kemerdekaan dan juga Ramadhan, jadi lebih ke menyegarkan soul dan juga spirit-nya. Lebih ke spiritnya dapet disini, lebih ke penyucian, seperti itu,” tambah Dani.

Stand Expo Psikologi terletak di belakang Aula dekat dengan laboratorium Psikologi. Berdasarkan hasil pengundian secara acak, psikologi mendapatkan tempat disana. Sebelum memasuki stand, terlihat di depan stand ada kolam ikan. Memasuki stand terlihat di dinding sebelah kiri ada poster-poster memperlihatkan berbagai ilustasi mengenai gangguan-gangguan psikopatologis. Di dinding sebelah kanan terlihat ada beberapa kain batik berbeda corak yang dihias sedemikian rupa. Di dinding bagian belakang terlihat sebuah lukisan berupa pemandangan yang indah. Tidak hanya hiasan saja yang ada di stand ini, stand pikologi menawarkan berbagai kegiatan menarik di dalam stand expo-nya. “Jadi, kita menawarkan grafologi, ada bimbingan konseling juga, dan ada kokologi, seperti itu. Ada games psikologi lainnya. Nanti kita juga ada sejenis peri-peri gitu, terus kita juga akan membagikan kata-kata mutiara,” ungkap Dani.

Stand expo psikologi dibuat dengan harapan mahasiswa baru khususnya mahasiswa psikologi mengenal psikologi, “Jadi intinya, ini hanya sebagai pewajahan fakultas psikologi seperti apa. Mudah-mudahan kita bisa memberikan yang terbaik untuk mahasiswa itu sendiri, baik yang lama atau pun yang baru, untuk Kabemapsi, untuk fakultas psikologi, dan khususnya untuk kampus UIN sendiri,” Dani mengakhiri. [Neina Qonita & Iyan Sfh./Tintaungu]

(Buletin Edisi-4  08/’10)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 25, 2010 by in News.

Follow me on Twitter

Tinta Ungu Page

Statistik Blog

  • 60,209 hits

Twitter

%d bloggers like this: