Tinta Ungu

Majalah Online Psikologi UIN Bandung

Menjadi Sebaik-baik Manusia

Manusia dalam kehidupannya, selalu berusaha mencapai kebahagiaan pribadi dan memiliki kemanfaatan sosial. Kebahagiaan pribadi adalah kebahagiaan milik pribadi yang muncul karena telah diusahakan dan diciptakan oleh individu tersebut. Kemanfaatan sosial adalah segala nilai dan manfaat yang dapat diambil oleh sebanyak-banyaknya orang dalam masyarakat.

Masing-masing individu memiliki keinginan yang beragam, berusaha sekeras mungkin dapat memenuhinya, dan sebenarnya tidak ingin memperhatikan ataupun menghargai kepentingan individu lain. Ini biasa disebut egois. Tetapi, dalam keegoisannya, manusia dikendalikan oleh hasratnya sendiri. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya manusia mempunyai dua hasrat yang kuat dalam dirinya, yakni : keinginan untuk menjadi satu dengan sesamanya; dan keinginan untuk menjadi satu dengan lingkungan alam sekelilingnya. (Soerjono Soekanto, 2007:23). Sehingga, apabila manusia lebih mengutamakan dirinya daripada orang lain, maka dirinya akan semakin “jatuh” dan tenggelam dalam kesengsaraan yang ia ciptakan sendiri.

Berbagai bidang keilmuan berlomba mengkaji tentang manusia dan hubungannya dengan lingkungan sekitarnya, mulai dari Psikologi, Sosiologi, Antropologi, dan sebagainya. Semua ilmu tersebut pada hakikatnya bertujuan menyelesaikan masalah yang dihadapi manusia sebagai individu dan makhluk sosial. Dan juga berupaya mencegah manusia melakukan hal-hal yang dapat merugikan dirinya ataupun orang lain tanpa membuat individu tersebut kehilangan identitasnya. Ilmu-ilmu tersebut terus berkembang sampai sekarang, dan tidak bosan-bosannya menemukan teori-teori baru tentang kehidupan manusia. Tentunya hal ini tidak lepas dari adanya “tangan” Allah melalui Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW yang menakjubkan, ilmiah, dan tidak dapat diganggu gugat. Al-Qur’an sebagai wahyu Allah, berisikan segala hal yang ada di dunia dan akherat, di galaksi Bima Sakti dan galaksi lainnya, secara tersirat. Tugas para ilmuwan dan kita sebagai agent of change untuk menelusuri makna-makna ayat-ayat mulia itu secara mendalam, agar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus berlanjut hingga kiamat nanti dan tidak terus didominasi pemikiran Barat.

Agent of Change

Mahasiswa sebagai agen perubahan, memiliki tanggung jawab baik disadari ataupun tidak, untuk memulai reformasi dan revolusi di keluarga, negara, dan dunia kita. Sungguh wasiat yang membebani pikiran saya saat saya menulis kata-kata ini. Karena saya menyadari, para elit politik di Indonesia bahkan di negara adikuasa sekalipun mendapatkan banyak “godaan” dalam menjalankan reformasi dan revolusi ini. What you see is what you get. Semakin banyak yang kau miliki, semakin banyak yang kau korbankan. Apalagi dalam jangka waktu yang panjang, apakah kita mampu menyingkirkan berbagai tantangan tersebut dan menggantikan elit politik tersebut tanpa mengecawakan ataupun menambah rasa malu mereka?

Mahasiswa berada pada usia keemasan di masanya, memiliki daya guna yang optimal, dan menjadi produsen aktif dalam perubahan. Menjadikannya salah satu pasukan di garda depan dalam memajukan dunia.

Semoga kita dapat memanfaatkan semua potensi yang kita miliki, tanpa melupakan bahwa semua ini adalah anugerah yang Maha Indah dari Allah SWT. Alhamdulillah.

Referensi :

Abdullah, Ridha. Perkuliahan Kapita Selekta. STAI Al-Jawami Kampus Merci. Semester 3 2006/2007.

Hambali, Adang. Perkuliahan Filsafat Ilmu. Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Semester 1 2009/2010.

Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Jumiati. Usulan Rencana Penelitian untuk Skripsi STAI Al-Jawami Kampus Merci.

>>

Tanjungsari, 19 Desember 2009

Nuraini Azizah

technurlogy.blogspot.com

rainiibalqis@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 25, 2010 by in Articles.

Follow me on Twitter

Tinta Ungu Page

Statistik Blog

  • 60,209 hits

Twitter

%d bloggers like this: